Halo KIS-ers!

Kelas Inspirasi Surabaya kembali hadir dengan event terbaru lho, yaitu Roadshow Inspirasi Surabaya. Hal ini merupakan upaya tindak lanjut Kelas Inspirasi Surabaya #4 yang terangkum dalam serangkaian acara sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang pernah terlibat dalam Hari Inspirasi secara langsung maupun tidak langsung. Pihak tersebut diantaranya ialah : relawan pengajar, relawan dokumentator, relawan panitia, guru, dan siswa.

Kegiatan ini dikemas dengan dua konsep. Konsep pertama yaitu Back to the Future mendatangi sekolah-sekolah yang pernah menjadi lokasi pelaksanaan Kelas Inspirasi Surabaya dengan beberapa kegiatan edukatif yang berkenaan dengan profesi. Konsep kedua adalah Future is Now berupa pameran foto selama Hari Inspirasi, Panggung Unjuk Bakat Siswa, Workshop dan Talkshow Inspiratif, serta Temu Komunitas.

Kegiatan Back to the Future dilaksanakan pada tanggal 14, 21, dan 28 Oktober 2017 serta 4 November 2017 dengan agenda kegiatan pemutaran video hari inspirasi dan cerita tematik, fun games, dan unjuk bakat siswa per sekolah yang juga menjadi perwakilan saat acara Future is Now.

Terdapat 14 sekolah dasar yang menjadi jujukan Roadshow Inspirasi Surabaya, yaitu :

Future is Now merupakan tema BIG DAY pada acara puncak Roadshow Inspirasi Surabaya. Event akbar tersebut digelar di East Rotunda Atrium Grandcity Mall Surabaya pada tanggal 25 – 26 November 2017 dengan menampilkan unjuk bakat terbaik dari para siswa yang mewakili sekolahnya, workshop dan talkshow inspiratif dari para pegiat pendidikan di Surabaya, pameran foto pada Hari Inspirasi #4, ajang temu komunitas dan para pegiat Kelas Inspirasi dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur, serta diisi oleh beberapa pengisi acara hiburan lainnya. Para siswa yang hadir tak hanya sekedar menampilkan bakat terbaiknya tetapi juga bermain dengan “produk unggul” yang dimiliki oleh tiap komunitas yang hadir.

Komunitas hadir terdiri dari : Surabaya Astronomi Club (SAC), AKARUAS, Independen Film Surabaya (INFIS), Papan Dolanan Arek Surabaya, Kita Peduli Anak Surabaya (KIPAS) – Kumpul Dongeng, StarSide, Brians Tjipto origami Indonesia, dan Inspiring Youth Educators (IYE). Untuk para pembicara workshop dan talkshow inspiratif diisi oleh :

  1. Nurul Wakhidatul Ummah, S.Kom (topik : Mengenali autisme anak sejak dini melalui aplikasi cakra dan edukasi interaktif untuk tunanetra dengan aplikasi edubraille
  2. Subcyclist Team (topik : Meningkatkan kesadaran hidup sehat melalui kegiatan budaya mancal sepeda.
  3. Yukbelajar – Ir. A. Holil Noor Ali, M. Kom (topik : Kolaborasi interaktif pembelajaran antara guru, siswa, dan orang tua melalui aplikasi YukBelajar.com yang sudah diterapkan di beberapa sekolah di Surabaya dan beberapa kota di luar Surabaya)
  4. KIPAS – Mariani Lasmaida, M. Psi. (topik : Edukasi terkait kesadaran dan pencegahan kejahatan sesual terhadap anak)
  5. Perwakilan pegiat Kelas Inspirasi di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur

Roadshow Inspirasi Surabaya ini merupakan upaya kami (Kelas Inspirasi Surabaya) untuk menyatukan para pegiat edukasi dan komponen pendidikan (siswa, guru, dan orang tua) dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan pendekatan seni, teknologi, dan keakraban. Sehingga diharapkan tercipta harmonisasi pada tiap elemen yang hadir di BIG DAY dan saling membangun dan mewujudkan kota Surabaya sebagai Kota Ramah Anak dengan kualitas pendidikan yang terjamin.

Shares